OKEZONE.COM - KECANDUAN minum kopi sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan karena mengandung kafein. Namun, bila minum kopi tidak lebih dari 2 cangkir sehari, minum kopi ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari minum kopi sebagaimana dikutip Newsmaxhealth, Sabtu (9/8/2014)

Menurunkan depresi

Peneliti dari Harvard School of Public Health menemuan bahwa wania yang setidaknya minum 4 cangkir kopi setiap hari mengalami penurunan risiko depresi sebesar 20 persen. Sedangkan, wanita yang minum 2 sampai 3 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko depresi sebesar 15 persen. Namun, semua itu adalah kopi tanpa mengandung kafein karena tidak memberikan manfaat yang sama.

Mengurangi risiko kanker payudara
Minum 2 cangkir kopi setiap hari mengurangi risiko kanker payudara kembali pada pasien yang mengonsumsi obat anti kanker. Lund University, Swedia, menemukan bahwa pasien yang minum setidaknya dua cangkir kopi setiap hari mengurangi setengah risiko kekambuhan dibanding tidak minum kopi sama sekali.

Mengurangi risiko diabetes
Menurut studi yang dipublikasikan dalam American Chemical Society Journal of Agricultural & Food Chemistry, minum 4 cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 50 persen. Studi-studi lain juga menemukan hasil yang sama, namun ini kopi tanpa mengandung kafein. Manfaat kesehatan minum kopi bisa disebaban oleh antioksidan dan magnesium sehingga mencegah kerusakan zat amiloid polipeptida, yakni zat yang menyebabkan diabetes tipe 2.
(ren)

Post a Comment